Perlengkapan Rumah Sakit | Tempat sampah stainless | Besi | Fiberglass | Produk Customs

ranjang elektrik

Mengenai Ranjang Pasien

ranjang elektrik

Tempat tidur model elektrik

Bagaimana awal mula mengenai tempat tidur pasien atau ranjang pasien

Ranjang pasien dengan siderail(pegangan samping) yang dapat diatur tutup-buka(turun-naik) pertama kali di Inggris sekitar tahun 1815 dan 1825. Pada 1874 salah-satu perusahaan kasur yang bernama Andrew Wuest and Son di Cincinnati, Ohio, mematenkan kasur dengan engsel di bagian kepala yang bisa terangkat, sebagai awal mula kasur rumah sakit modern.

Kasur rumah sakit modern dengan 3 bagian yang bisa diatur ditemukan oleh Willis Dew Gatch, kepala departemen bedah Indiana University School of Medicine, di awal abad 20an. Jenis tempat tidur seperti ini biasa disebut Kasur Gatch.

Sedangkan kasur dengan tombol ditemukan pada 1945, kadang dilengkapi dengan toilet portabel untuk mengurangi penggunaan corong kencing. 

Ranjang pasien atau tempat tidur rumah sakit adalah tempat tidur yang didesain khusus untuk pasien yang dirawat inap atau orang yang memerlukan perawatan kesehatan seperti rumahan. Tempat tidur ini mempunyai fitur spesial untuk kenyamanan pasien. Jenis yang lengkap yaitu seperti kelengkapan umum meliputi tinggi tempat tidur yang dapat diatur, bagian kepala, kaki, samping, dan tombol elektronik untuk mengoperasikan tempat tidur dan alat elektronik lainnya. 

Komponen-komponen Pada Tempat Tidur Pasien 

  • Actuator linear untuk ranjang pasien elektrik
     
    Jenis ranjang pasien yang modern untuk masa perawatan pasien, ia bisa diandalkan karena kelengkapan system sehingga memperingan pekerjaan perawat. Actuator linear adalah merupakan aksesories penggerak/motor untuk menaik-turunkan atau mendorong bagian body secara keseluruhan sehingga dapat mengatur tinggi rendahya ranjang pasien. Fungsi lainnya yaitu menaik turunkan atau memiringkan bagian kepala pasien hingga 70%.

    .

Kasur dapat dinaikkan dan diturunkan pada bagian kepala, kaki, dan ukuran tingginya. Pada tempat tidur lawas biasanya memakai pengungkit pada kaki tempat tidur, sedangkan pada tempat tidur modern fitur ini elektronik.

Saat ini, saat terdapat kasur elektronik dengan banyak fitur, terdapat kasur semi-elektronik dengan dua motor untuk menaikkan bagian kepala dan kaki.

Menaikkan bagian kepala dapat memberikan beberapa keuntungan pada pasien dan perawat. Posisi ini(Fowler) digunakan untuk mendudukan pasien saat makan atau aktivitas lain, atau pada beberapa pasien, mempermudah bernafas, atau berbagai alasan lainnya.

Menaikkan bagian kaki dapat mempermudah gerakan pasien dan beberapa keperluan tertentu lainnya.

Menaikkan dan menurunkan tinggi kasur dapat memberi kenyamanan bagi pasien untuk masuk dan keluar dari tempat tidur, atau bagi perawat dalam merawat pasien.

  • SIDERAIL

Tempat tidur memiliki pegangan pada bagian samping yang dapat dinaikkan atau diturunkan. Pegangan ini yang melindungi dan mengamankan pasien, dapat memiliki tombol untuk memindahkan tempat tidur, memanggil perawat, bahkan mengontrol televisi. 

Terdapat beraneka macam type pegangan dengan berbagai tujuan pula tentunya. Beberapa hanya untuk mencegah pasien terjatuh, atau dapat membantu pasien tanpa membatasi gerakannya. karena itu siderail dibuat dapat dinaik-turunkan sesuai keinginan kita.

Siderail ini jika tidak dibuat dengan tepat tentu saja dapat membahayakan pasien. Di Amerika Serikat, terdapat lebih dari 300 laporan kematian karena hal ini antara tahun 1985 dan 2004. Sehingga Departemen Obat dan Makanan menetapkan aturan keamanan dari siderail(pegangan samping) ini.

Dalam beberapa kasus, diperlukan perintah psikiawan (tergantung hukum dan aturan dimana fasilitas kesehatan itu berada) karena siderail/pegangan dapat digolongkan sebagai bentuk pembatasan pengobatan.

  • Castor (Roda)

Setiap Ranjang pasien dengan model tertentu menggunakan roda di empat sudutnya untuk memudahkan perawat memindahkan pasien dari satu tempat ketempat lainnya.  Dari empat roda tersebut dua diantaranya menggunakan pengunci agar ranjang pasien/tempat tidur tidak bisa bergerak ketika digunakan.